REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

lusia , reni (2017) REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university .

[img] PDF - Published Version
Download (231Kb)

    Abstract

    Reni Lusia. REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sbelas Maret, Juni 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh remidiasi pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMA N 7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kajian dokumen, dan tes. Instrumen yang digunakan divalidasi oleh dosen pembimbing dengan tahapan tertentu. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan pada siswa kelas XI MIPA 3 pada tes formatif pokok bahasan kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Sebelum tindakan persentase ketuntasan sebanyak 3,03 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,58 %, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta dapat memenuhi nilai KKM (75) yang telah ditentukan oleh sekolah setelah mengikuti kegiatan remediasi pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Kata kunci : remediasi pembelajaran Fisika, NHT, kemampuan kognitif, kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 10:34
    Last Modified: 01 Jan 2018 10:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38793

    Actions (login required)

    View Item