PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD DAN JIGSAW DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA ( Penelitian Pembelajaran Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 )

Sukarno, Bagus Bintang (2010) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD DAN JIGSAW DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA ( Penelitian Pembelajaran Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1031Kb)

    Abstract

    Bagus Bintang Sukarno, S 830809006. 2010. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Kooperatif Model STAD Dan Jigsaw Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa ( Penelitian Pembelajaran Suhu dan Kalor Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ) . Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: 1 ) Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd. 2 ) Dra. Suparmi, MA. Ph.D. Pembelajaran fisika menuntut adanya peran aktif siswa secara individu dan kooperatif. Untuk itu dalam pembelajaran fisika perlu penerapan model pembelajaran kooperatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dengan meninjau gaya belajar dan interaksi sosial siswa Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, sejumlah 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen pertama dengan model STAD dan satu kelas ekperimen kedua dengan model Jigsaw. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk prestasi belajar, angket untuk gaya belajar dan interaksi sosial. Uji hipotesis penelitian dengan menggunakan anava tiga jalan sel 2 x 2 x 2 yang kemudian dilanjutkan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ) model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap prestasi belajar, pembelajaran kooperatif model Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif model STAD, sebab p = 0,000 <  = 0,05, 2 ) tidak ada pengaruh gaya belajar siswa ( visual dan auditorial ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,965 >  = 0,05, 3 ) tidak ada pengaruh interaksi sosial siswa ( tinggi dan rendah ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,322 >  = 0,05, 4 ) tidak ada interaksi antara model pembelajaran ( STAD dan Jigsaw ) dengan gaya belajar siswa ( visual dan auditorial ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,230 >  = 0,05, 5 ) tidak ada interaksi antara model pembelajaran ( STAD dan Jigsaw) dengan interaksi sosial siswa ( tinggi dan rendah ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,472 >  = 0,05, 6 ) tidak ada interaksi antara gaya belajar ( visual dan auditorial ) dengan interaksi sosial siswa ( tinggi dan rendah ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,539 >  = 0,05, 7 ) tidak Ada interaksi antara model pembelajaran ( STAD dan Jigsaw) , gaya belajar ( visual dan auditorial ) dan interaksi sosial siswa ( tinggi dan rendah ) terhadap prestasi belajar siswa, sebab p = 0,863 >  = 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran Fisika, Pendekatan Kooperatif, STAD, Jigsaw, Gaya Belajar, Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar. Bagus Bintang Sukarno, S 830809006. 2010. Learning Physics Using Cooperative Approach Through STAD and Jigsaw Model Overviewed From Students Learning Styles And Social Interaction. ( A Case Study of Heat and Temperature on grade students X semester II SMA Negeri 2 Surakarta Academic Year 2009/2010 ) . Thesis: Advisors: 1 ) Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd. 2 ) Dra. Suparmi, MA. Ph.D. Graduate Program, Science Education Program, Sebelas Maret University Surakarta. Learning physics requires the active participation of students individually and cooperatively. Therefore, in learning physics is necessary to implement cooperative learning moel by considering initial student condition. The purposes of the research is to know the effect of STAD and Jigsaw learnig model, students learning style and social interaction toward student achievement. This research used experimental methods. Population was all students in grade X semester II SMA Negeri 2 Surakarta, academic year 2009/2010, consisted 10 classes. The research sample was taken using cluster random sampling technique consisted of two classes, X and X 7 . Class X 5 was treated using STAD and X 7 was treated using Jigsaw. The data was collected using test method for student achievement and questionnaire for students learning style and social interaction. Then the hypotheses was analyzed using ANOVA with 2 x 2 x 2 factorial design and continued using Scheffe. The results showed that: 1 ) there is an effect of STAD and Jigsaw learning models towards student learning achievement, Jigsaw more effective than STAD, because p = 0.000 <  = 0.05, 2 ) there is no effect of learning styles ( visual and auditory ) towards student learning achievement, because p = 0.965 >  = 0.05, 3 ) there is no effect of student social interaction ( high and low) towards student learning achievement, because p = 0.322 >  = 0.05, 4 ) there is no interaction between the model of learning ( STAD and Jigsaw) with students' learning styles ( visual and auditory ) towards student learning achievement, because p = 0.230 >  = 0.05, 5 ) there was no interaction between the model of learning ( STAD and Jigsaw) with social interaction students ( high and low) towards student learning achievement, because p = 0.472 >  = 0.05, 6 ) there is no interaction between learning styles ( visual and auditory ) with social interaction students ( high and low) towards student learning achievement, because p = 0.539 >  = 0,05, 7 ) There was no interaction between the model of learning ( STAD and Jigsaw) , learning styles ( visual and auditory ) and social interaction of students ( high and low) towards student learning achievement, because p = 0.863 >  = 0.05. Keywords: Physics Learning, Cooperative Approach, STAD, Jigsaw, Learning Styles, Social Interaction, Student Learning Achievement. 5

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 831 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:32
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3879

    Actions (login required)

    View Item