PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL KETERAMPILAN LAY UP PADA EKSTRAKURIKULER BASKET PUTRA SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

sidih h, mukhlis (2017) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL KETERAMPILAN LAY UP PADA EKSTRAKURIKULER BASKET PUTRA SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (1440Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mukhlis Sidiq Harmanto. PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL KETERAMPILAN LAY UP PADA EKSTRAKURIKULER BASKET PUTRA SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan lay up pada ekstrakurikuler basket putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta Tahun 2015/ 2016. Metode penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah metode eksperiment, dan pelaksanaan latihan dengan metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler basket putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta Tahun 2015/ 2016 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (Penarikan sampel secara sengaja) yang artinya : penarikan sampel berdasarkan pendapat peneliti bahwa responden akan memberikan informasi dengan tujuan penelitian, sehingga diperoleh sampel sebanyak 32 orang. Hasil penelitian sesuai pengujian hipotesis menyimpulkan : 1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Bagian dan metode pembelajaran Keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan Lay Up Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Basket Putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu, thitung 3.87298 lebih besar dari ttabel 2.43 dengan taraf signifikasi 5 %. 2) Metode pembelajaran Bagian lebih baik pengaruhnya dari pada metode pembelajaran Keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan Lay Up Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Basket Putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan persentase peningkatan pencapaian hasil belajar Lay Up Bola Basket menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran bagian) adalah 34.453% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode pembelajaran keseluruhan) adalah 8.511%. Metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan merupakan metode yang bisa meningkatkan kemampuan Lay Up bola basket, tetapi metode yang paling baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan lay up bola basket adalah metode latihan bagian. Kata Kunci : Metode pembelajaran keseluruhan, Metode pembelajaran bagian, Lay Up Bola Basket

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 09:37
    Last Modified: 01 Jan 2018 09:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38780

    Actions (login required)

    View Item