PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LARI 50 METER PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYIDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

arsyad s, muhammad (2017) PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LARI 50 METER PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYIDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (157Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Arsyad Syaifuddin, PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LARI 50 METER PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar lari 50 meter dalam pembelajaran atletik pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri1 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri1 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan dalah observasi dan penilaian hasil lari 50 meter. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis deskripsi kualitatif dan presentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke pertemuan I dan dari pertemuan I ke pertemuan II, dan pertemuan II ke pertemuan III. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar teknik dasar lari 50 meter pada pertemuan I yang dinyatakan tuntas mencapai 47,0 % atau sebanyak 16 siswa dari 34 siswa. Peningkatan hasil belajar teknik dasar lari 50 meter pada pertemuan II yang dinyatakan tuntas mencapai 58,8 % atau sebanyak 20 siswa dari 34 siswa. peningkatan hasil belajar teknik dasar lari 50 meter pada pertemuan III yang dinaakan tuntas mencapai 85,2% atau sebanyak 29 siswa dari 34 siswa yang tergolong krietria lulus dengan KKM 75 dan 5 siswa yang dinyatakan Tidak Lulus. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa: penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar lari 50meter pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Hasil Belajar, Lari 50 meter, Pendekatan Bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 09:30
    Last Modified: 01 Jan 2018 09:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38778

    Actions (login required)

    View Item