HUBUNGAN ANTARA SIKAP TOLERANSI DAN PEMAHAMAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DENGAN PATRIOTISME SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

hisyam r , muhamad (2017) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TOLERANSI DAN PEMAHAMAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DENGAN PATRIOTISME SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (412Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhamad Hisyam Ramadhani. HUBUNGAN ANTARA SIKAP TOLERANSI DAN PEMAHAMAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DENGAN PATRIOTISME SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara sikap toleransi dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. 2) Hubungan antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. 3) Hubungan antara sikap toleransi dan pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia secara bersama-sama dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 68 siswa. Sampel yang digunakan adalah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, analisis korelasi berganda (uji F) dan uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) ada hubungan yang positif antara sikap toleransi dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) yang menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 3,197 > 1,687 dan nilai signifikasi sebesar 0,03 < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 56,4% dan sumbangan efektif sebesar 25,4%. 2) Ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) yang menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 2,653 > 1,687 dan nilai signifikasi sebesar 0,012 < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar 43,6% dan sumbangan efektif sebesar 19,7%. 3) Ada hubungan yang positif antara sikap toleransi dan pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia secara bersama-sama dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan analisis korelasi berganda (uji F) yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 15,200 > 3,270 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh sikap toleransi dan pemahaman sejarah pergerakan nasional dengan patriotisme siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 adalah sebesar 45,1%, sedangkan sisanya (54,9%) dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Sikap Toleransi, Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, Patriotisme.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 09:28
    Last Modified: 01 Jan 2018 09:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38777

    Actions (login required)

    View Item