PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TESTLET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA SMK

damayanti, indah (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TESTLET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA SMK. Masters thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (381Kb)

    Abstract

    Indah Damayanti. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Testlet untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Elektrokimia untuk Siswa SMK. Tesis. Pembimbing: Dr. Muhammad Masykuri, M.Si., Kopembimbing: Dr. Sri Yamtinah, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian testlet yang memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik juga untuk mengembangkan instrumen testlet pada materi elektrokimia, menjadi instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pengembangan instrumen penilaian dalam bentuk testlet ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan bentuk produk awal (developing preliminary form of product), 4) uji lapangan awal (preliminary field testing), 5) revisi produk awal (main product revision), 6) uji lapangan utama (main field testing), 7) revisi produk utama (operational product revision), 8) uji lapangan operasional (operational field testing), 9) revisi produk akhir (final product revision), 10) diseminasi (dissemination). Penelitian ini dilakukan di SMK SMTI Yogyakarta, SMK SMAK Bogor, SMK SMAK Padang, dan SMK SMAK Makassar dengan jumlah responden siswa sebanyak 352 orang. Validasi instrumen penilaian testlet ini menggunakan metode Aiken dengan 7 orang validator ahli. Metode penilaian pada instrumen testlet ini menggunakan metode Graded Response Model (GRM). Hasil penelitian ini adalah instrumen penilaian testlet yang dikembangkan dinyatakan layak dan memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik dengan validitas soal lebih dari 0,78 (valid) dan memiliki reliabilitas tes pada uji lapangan utama 0,889 dan 0,802 pada uji lapangan operasional yang tergolong sangat tinggi, memiliki daya pembeda dengan presentase 50% cukup dan 50% baik. Instrumen penilaian testlet ini memiliki tingkat kesukaran dengan presentase 8,33% sukar;63,89% sedang;11,11% mudah; dan 16,67% sangat mudah pada uji lapangan operasional. Instrumen penilaian testlet yang dikembangkan mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan persentase kemampuan siswa dalam menganalisis sebesar 70,05%; mengevaluasi 54,23%; mengkreasi 42,66%; berpikir kritis 54,59%; dan bernalar logis 36,41% pada uji lapangan operasional. Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, Testlet, Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Elektrokimia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 06:42
    Last Modified: 01 Jan 2018 06:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38756

    Actions (login required)

    View Item