STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE STAD DILENGKAPI MEDIA MODUL DAN Ms. POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

ETY YUNI EKAWATI, FRANSISCA (2009) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE STAD DILENGKAPI MEDIA MODUL DAN Ms. POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode STAD dilengkapi media Ms. Powerpoint dapat memberikan prestasi belajar lebih baik daripada pelaksanaan metode pembelajaran kooperative STAD dilengkapi modul pada materi hukum dasar kelas X SMAN I Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “Perluasan Randomized Group Pretest-posttest Design”. Sampel menggunakan 3 kelas yaitu kelas eksperiment 1, kelas eksperiment 2 dan kelas control pada SMAN I Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2008/2009. Pada awal kegiatan dilakukan pretest kemudian siswa diberi perlakuan dengan meggunakan metode STAD dilengkapi modul untuk kelas eksperiment 1 dan untuk kelas eksperiment 2 menggunakan metode STAD dilengkapi powerpoint. Dan pada akhir materi dilakukan posttest. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji t-satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dilengkapi media power point menghasilkan prestasi belajar kognitif dan afektif yang lebih tinggi daripada metode STAD dilengkapi media modul, terbukti dari uji t-pihak kanan dihasilkan bahwa t hitung =1,8361> t tabel = 1,67 untuk aspek kognitif dan t hitung =1,7497 > t tabel = 1,67 untuk aspek afektif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Users 830 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:07
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3874

    Actions (login required)

    View Item