POLA KOMUNIKASI ANTAR PARA PECANDU GAME ONLINE DI SURAKARTA (Studi Kasus pola komunikasi pecandu game online Dragon Nest di game center NOL di Surakarta)

A., Rizka Sheentya D. (2017) POLA KOMUNIKASI ANTAR PARA PECANDU GAME ONLINE DI SURAKARTA (Studi Kasus pola komunikasi pecandu game online Dragon Nest di game center NOL di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (861Kb)

    Abstract

    Rizka Sheentya Dea Avisyah. D0210099. POLA KOMUNIKASI ANTAR PARA PECANDU GAME ONLINE DI SURAKARTA (Studi Kasus Pola Komunikasi Pecandu Game Online Dragon Nest di Game Center NOL di Surakarta). Skripsi (S-1). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Pola Komunikasi terbentuk dari proses komunikasi antar dua individu atau lebih yang saling mengirimkan pesan untuk dapat dipahami. Melalui proses komunikasi yang dilakukan antar para pecandu game online Dragon Nest yang berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan dengan tujuan yang sama, maka terbentuklah pola komunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi antar para pecandu game online di Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis observasi dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi (participant observation), Peneliti ikut aktif secara langsung dalam mengamati proses komunikasi antar para pecandu game online Dragon Nest di Game Center NOL. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive sampling. Populasi adalah seluruh pemain game online Dragon Nest di Game Center NOL. Sampelnya adalah 5 orang pecandu game online Dragon Nest di Game Center NOL. Teknik analisis data dilakukan melalui proses analisa data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui pola komunikasi yang terbentuk dari proses komunikasi dari kegiatan mereka bermain game online Dragon Nest. Pola komunikasi ini terbentuk karena persamaan hobi dan perasaan nyaman dengan lingkungan mereka, yang menimbulkan rasa kebersamaan melalui komunikasi. Didalam pola komunikasi ini bertujuan untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman, tolong menolong, dan bercanda gurau melepas penat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 31 Dec 2017 19:27
    Last Modified: 31 Dec 2017 19:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38726

    Actions (login required)

    View Item