PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL SCRAMBLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Soropadan No 108 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Nugraheni , Rizka Fitri (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL SCRAMBLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Soropadan No 108 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (566Kb)

    Abstract

    Rizka Fitri Nugraheni. K7113184. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL SCRAMBLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Soropadan No 108 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep lembaga pemerintahan pusat menggunakan model Scramble pada peserta didik kelas IV SD N Soropadan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Soropadan tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nilai rata-rata sebelum tindakan (prasiklus) adalah 58,3, dengan hanya 7 siswa atau 20,59% dari 34 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥70). Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 71, siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 atau 61,76% siswa. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,29 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 31 siswa atau 91,18%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Scramble dapat meningkatkan pemahaman konsep lembaga pemerintahan pusat pada peserta didik kelas IV SD N Soropadan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci : pemahaman konsep, lembaga pemerintahan pusat, model scramble.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 31 Dec 2017 19:20
    Last Modified: 31 Dec 2017 19:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38725

    Actions (login required)

    View Item