Kajian Penggunaan Debu Limbah Tembakau dan Pemberian Vermikompos Terhadap Populasi DItylenchus Pada Tanaman Bawang Merah

Hermawan, Yanuar Mahir (2017) Kajian Penggunaan Debu Limbah Tembakau dan Pemberian Vermikompos Terhadap Populasi DItylenchus Pada Tanaman Bawang Merah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (214Kb)

    Abstract

    Bawang merah merupakan komoditas bernilai tinggi bagi masyarakat Indonesia. Peningkatan produksi bawang merah dinilai cukup lambat karena meningkatnya jumlah penduduk, pendapatan, dan luas panen bawang merah. Pada budidayaan bawang merah mengalami kendala dan gangguan dari nematoda parasit Ditylenchus yang menimbulkan kerusakan pada batang dan umbi bawang merah. Debu limbah tembakau dan vermikompos diketahui dapat menekan perkembangan nematoda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan debu limbah tembakau dan pemberian vermikompos terhadap populasi nematoda Ditylenchus serta pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada bulan Agustus sampai Desember 2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan berupa debu limbah tembakau, vermikompos, debu limbah tembakau dan vermikompos, dan kontrol. Dosis yang digunakan berdasarkan informasi dari petani yang biasa melakukan aplikasi debu limbah tembakau dengan dosis 100 kg/ha dan vermikompos 100 ton/ha yang kemudian dikonversikan berdasarkan luas permukaan pot berdiameter 30 cm. Penanaman bawang merah ditanam dengan jarak tanam 12 cm dan diulang sebanyak 6 kali. Sampel yang digunakan dua tanaman setiap pot perlakuan. Peubah yang diamati meliputi Populasi nematoda di tanah, populasi nematoda di jaringan tanaman, tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun, jumlah anakan, berat segar umbi bawang merah. Data dianalisis menggunakan uji ragam (uji F) dengan taraf 5%. Apabila berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan DMRT 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan kombinasi debu limbah tembakau dan vermikompos mampu menurunkan populasi nematoda ditylenchus di tanah. Penggunaan debu limbah tembakau mampu menurunkan total populasi nematoda parasit di jaringan tanaman. Perlakuan tidak berpengaruh terhadap berat segar bawang merah. Berat segar bawang merah tidak dipengaruhi oleh keberadan nematoda ditylenchus dan nematoda lain di jaringan tanaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 19:27
    Last Modified: 31 Dec 2017 19:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38724

    Actions (login required)

    View Item