IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD di Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Hakim, Yanuar Prima Nur (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD di Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (800Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan melalui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas IV di salah satu SD Negeri di Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah saya dan siswa kelas IV di salah satu SD Negeri di Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari saya, siswa, dan peristiwa pembelajaran sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara guru kelas, siswa, observasi/pengamatan kinerja guru dan siswa dan dokumentasi penelitian. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi serta triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa kelas IV pada kondisi awal adalah 57,83 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 14,29%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 78,63 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 67,65 %. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 86,88 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 85,29%. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV di salah satu SD Negeri di Surakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: kemampuan, soal cerita pecahan, Teams Games Tournament, SD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 19:34
    Last Modified: 31 Dec 2017 19:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38723

    Actions (login required)

    View Item