Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach SMP Kelas VII Materi Pokok Energi Dan Penerapannya Dalam Metabolisme

Apriliyani, Winda (2017) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach SMP Kelas VII Materi Pokok Energi Dan Penerapannya Dalam Metabolisme. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA Terpadu berbasis scientific approach SMP Kelas VII materi pokok Energi dan Penerapannya dalam Metabolismeyang memenuhi kriteria baik. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Prosedur pengembangan penelitian ini meliputi: (1).Penelitian dan mengumpulkan informasi, (2).Perencanaan, (3).Pengembangan draft produk, (4).Uji coba lapangan awal, (5).Merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6).Uji coba lapangan utama, dan (7).Merevisi hasil uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Data-data yang diperoleh berasal dari validator yang terdiri atas 2 dosen ahli, 3 guru sebagai reviewer dan3peer reviewer serta responden yang terdiri atas 50 siswa daritiga SMP yaitu SMP Negeri1Ampel, SMP Negeri 1Delanggu, dan SMP Negeri 1 Jaten.Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan penilaian skor standar dari Saifudin Azwar yang kemudian dibagi menjadi lima kategori.Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembanganbahan ajar berupa modul IPA Terpadu berbasis Scientific Approach untuk SMP kelas VIImateri pokok Energi dan Penerapannya dalam Metabolisme secara umumsudah berkriteria baik berdasaarkan hasil validasi Dosen Pembimbing sebagai ahli, peer reviewer, dan reviewer dalam komponen materi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafisan. Modul IPA Terpadu ini telah berhasil diujicobakan kepada siswa di lapangan melalui uji coba awal dan uji coba utama dengan hasil yang baik(2) Pengembanganbahan ajar berupa modul IPA Terpadu berbasis Scientific Approach untuk SMP kelas VIImateri pokok Energi dan Penerapannya dalam Metabolismetelah berhasil diujicobakan dalam lapangan tahap awal dan utama dengan hasil yang sangat baik. (3) Produk akhir penelitian pengembangan ini berupa berupa modul dengan materi pokok Energi dan Penerapannya dalam Metabolisme.Total halaman sebanyak 73 lembar dengan panjang 29 cm dan lebar 20,5 cm, yang terdiri atas pendahuluan, pembelajaran dan penutup. Pendahuluan berupa petunjuk penggunaan modul, peta kompetensi, dan peta konsep. Bagian pembelajaran terdiri atas materi, rangkuman, tes formatif, umpan balik. Bagian penutup terdiri atas kunci jawaban dan glosarium. Kata kunci: bahan ajar,IPA terpadu, Scientific Approach, energy

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 18:37
    Last Modified: 31 Dec 2017 18:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38717

    Actions (login required)

    View Item