PENINGKATAN PENERAPAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017)

Hanifah, Wardatul (2017) PENINGKATAN PENERAPAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (734Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penerapan konsep pesawat sederhana melalui penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada siswa kelas V SD di Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD di Kabupaten Boyolali yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas V, guru kelas V, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisisa data interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai penerapan konsep pesawat sederhana dari prasiklus hingga siklus II secara bertahap. Pada prasiklus, tingkat ketuntasan klasikal mencapai 30% dengan nilai rata-rata yaitu 52,5. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 64,94 dengan ketuntasan klasikal mencapai 61%. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 89% dan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,61. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan penerapan konsep pesawat sederhana siswa kelas V SD di Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: penerapan konsep, pesawat sederhana, model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 17:55
    Last Modified: 31 Dec 2017 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38711

    Actions (login required)

    View Item