EVALUASI PENANGANAN INTERNAL KREDIT MACET PADA PT. BPR ADIPURA SANTOSA SURAKARTA

Laksono, Vito Indra (2017) EVALUASI PENANGANAN INTERNAL KREDIT MACET PADA PT. BPR ADIPURA SANTOSA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1145Kb)

    Abstract

    Implementasi prinsip 5C digunakan bank untuk menentukan calon debitur yang layak diberikan fasilitas kredit. Kredit bermasalah yang terjadi di dunia perbankan selain akan merugikan bank juga dapat membuat kualitas kerja bank menjadi buruk. Tindakan yang diambil pihak bank dalam penanganan kredit bermasalah sangat berpengaruh dalam menekan terjadinya kredit macet. Proses penanganan kredit macet sebenarnya tergantung dari pihak bank dan debitur yang bersangkutan. Maka pengamatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penanganan kredit macet dan hambatan-hambatan apa yang timbul serta bagaimana cara untuk mengatasinya pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi dengan pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan staff karyawan BPR Adiura Surakarta dan studi pustaka dengan melihat materi-materi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil pengamatan menunjukan bahwa upaya penanganan kredit macet pada PT. BPR Adipura Surakarta dilaksanakan menurut SOP Kredit dan pada umumnya melalui dua cara yaitu, penanganan melalui jalur hukum dan penanganan di luar jalur hukum. Penanganan melalui Pengadilan Negeri akan ditempuh apabila jalan perdamaian atau musyawarah antara pihak bank dengan debitur tidak berhasil, maka langkah penyelesaian akan diserahkan kepada Pengadilan Negeri. Sedangkan penanganan di luar jalur hukum merupakan langkah penyelesaian secara kekeluargaan dengan cara pendekatan personal serta dengan langkah penyelamatan kredit macet. Hambatan dari internal bank yang timbul dalam penanganan kredit macet seperti kurang komunikasi dengan debitur, kesalahan komunikasi dengan staff bagian lain, kurangnya produktivitas dari staff collector, dan lain-lain. Saran yang dapat diajukan pada PT. BPR Adipura Surakarta adalah untuk menjaga kredit yang kolektibiltasnya lancar, melakukan penagihan secara terus-menerus disertai tindakan-tindakan yang memberikan tekanan kepada debitur, meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk menindak tegas debitur yang memiliki itikad kurang baik, serta mengutamakan penanganan kredit macet melalui penjadwalan kembali (rescheduling). Kata Kunci : Kredit, Kredit Macet, Penanganan Kredit Macet

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 17:13
    Last Modified: 31 Dec 2017 17:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38694

    Actions (login required)

    View Item