FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni (Nees & T. Nees) Bl.) YANG BERPOTENSI SEBAGAI KOSMETIK ANTIOKSIDAN

Fathimah, Tri Hastuti (2017) FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni (Nees & T. Nees) Bl.) YANG BERPOTENSI SEBAGAI KOSMETIK ANTIOKSIDAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1085Kb)

    Abstract

    FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni (Nees & T. Nees) Bl.) YANG BERPOTENSI SEBAGAI KOSMETIK ANTIOKSIDAN TRI HASTUTI FATHIMAH Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas sebelas Maret INTISARI Radikal bebas dapat merusak kolagen pada kulit sehingga mengakibatkan percepatan proses penuaan dini. Sediaan kosmetik yang mengandung antioksidan sangat diperlukan untuk memperlambat proses penuaan dini. Kulit batang kayu manis (Cinnamomum burmanni (Nees & T. Nees) Bl.) diketahui mampu melawan radikal bebas dengan adanya senyawa sinamaldehid yang merupakan salah satu senyawa antioksidan. Agar lebih mudah diaplikasikan pada kulit, ekstrak kulit batang kayu manis dibuat dalam sediaan gel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak kulit batang kayu manis dalam sediaan gel. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental laboratorium. Ekstrak kulit batang kayu manis dimaserasi dengan penyari etanol 96 %. Ekstrak diformulasikan dalam gel dengan konsentrasi 0,5 %, 1 % dan 2 %. Pengujian sifat fisik gel meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar, uji daya lekat, uji viskositas dan uji antioksidan. Uji antioksidan dilakukan dengan metode peredaman DPPH (1-1-Difenil-2-Pikrihidrazil). Hasil uji antioksidan dihitung % inhibisi dengan regresi linear pada Microsoft Excel dan didapatkan nilai IC50. Selanjutnya dianalisis secara statistik dengan uji statistik one way ANOVA untuk mengetahui hubungan konsentrasi ekstrak terhadap sifat fisik serta daya antioksidan gel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit batang kayu manis memiliki aktivitas antioksidan sedang dengan nilai IC50 sebesar 209,84±3,1. Pada masing-masing formula dan pembanding menunjukkan aktivitas antioksidan yang tidak aktif dengan IC50 >500 ppm. Perbedaan konsentrasi ekstrak pada sediaan gel tidak mempengaruhi sifat fisik, namun berpengaruh secara signifikan terhadap daya antioksidan gel. Kata kunci: gel, Cinnamomum burmanni (Nees & T. Nees) Bl.), sifat fisik, antioksidan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 16:58
    Last Modified: 31 Dec 2017 16:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38688

    Actions (login required)

    View Item