Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Industri Kulit Di Kabupaten Bantul Tahun 2017 (Studi Kasus: Sentra Kerajinan Industri Kulit Manding, Desa Sabdodadi, Kabupaten Bantul)

P, SAFIRA LUTHFIANI (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Industri Kulit Di Kabupaten Bantul Tahun 2017 (Studi Kasus: Sentra Kerajinan Industri Kulit Manding, Desa Sabdodadi, Kabupaten Bantul). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (334Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel-variabel independen seperti, modal, pendidikan, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, dan biaya produksi terhadap variabel dependennya yaitu pendapatan pengusaha sentra kerajinan industri kulit Manding di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui wawancara dan kuesioner serta pengamatan langsung ke lapangan. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 orang pengusaha industri kulit. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari menyebar kuesioner ke lapangan serta wawancara terhadap para pengusaha industri kulit dan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Badan Pemerintah Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan software SPSS 16 dengan metode analisis data regresi linier berganda. Dalam penelitian ini digunakan pengujian statistik yang terdiri dari uji t, uji F, koefisien determinasi (R^2), serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian regresi secara parsial dengan tingkat signifikansi α = 5%, menunjukkan bahwa variabel pendidikan, tenaga kerja, dan biaya produksi berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pengusaha industri kulit, sedangkan variabel modal, jam kerja, dan lama usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pengusaha industri kulit. Hasil pengujian secara bersama-sama (uji F) dengan tingkat signifikansi α = 5%, menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen (modal, pendidikan, tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, dan biaya produksi) berpengaruh terhadap variabel dependen (pendapatan pengusaha sentra kerajinan industri kulit Manding, Kabupaten Bantul). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan beberapa saran antara lain: (1) Pemerintah sebaiknya lebih fokus dalam peningkatan mutu pendidikan. (2) Pemerintah seharusnya menambah balai-balai pelatihan untuk meningkatkan skill tenaga kerja. (3) Pengusaha kulit sebaiknya lebih giat lagi dalam belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan yang dimiliki. (4) Pengusaha kulit sebaiknya lebih giat lagi dalam strategi peningkatan biaya produksi dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. Kata Kunci: pendapatan, pengusaha, industri kulit, analisis regresi linier, modal, pendidikan, jam kerja, lama usaha, biaya produksi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 31 Dec 2017 12:25
    Last Modified: 31 Dec 2017 12:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38678

    Actions (login required)

    View Item