KEBERATAN TERHADAP STATUS BARANG BUKTI DIRAMPAS UNTUK NEGARA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNUTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM AGUNG MEMUTUS PERKARA NARKOTIKA (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1126K/PID.SUS/2015)

Siyamto, Tri Aziz Komar (2017) KEBERATAN TERHADAP STATUS BARANG BUKTI DIRAMPAS UNTUK NEGARA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNUTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM AGUNG MEMUTUS PERKARA NARKOTIKA (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1126K/PID.SUS/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1160Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberatan terhadap status barang bukti dirampas untuk negara sebagai alasan kasasi Penuntut Umum dalam perkara Narkotika serta pertimbangan Hakim Agung dalam memutus dan mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dalam perkara Narkotika disesuaikan dengan ketentuan yang terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Diketahui bahwa alasan kasasi Penuntut Umum atas dasar keberatan terhadap status barang bukti dirampas untuk Negara dalam kasus tindak pidana Narkotika telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana serta pertimbangan Hakim Agung dalam memutus dan mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dalam perkara Narkotika telah sesuai dengan ketentuan Pasal 256 jo Pasal 253 ayat (1) huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana yang pada pokoknya menyatakan bahwa Judex Facti telah salah menerapkan hukum dalam mengadili Terdakwa yakni berupa pengabaian ketentuan Pasal 101 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kata Kunci: Barang Bukti, Kasasi, Tindak Pidana Narkotika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 31 Dec 2017 09:02
    Last Modified: 31 Dec 2017 09:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38666

    Actions (login required)

    View Item