PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

SELFIARDY, SYAFRIDA (2017) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (697Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengembangkan suplemen materi hidrosfer yang bisa dijadikan sarana belajar edukatif siswa di luar jam pelajaran geografi di sekolah. Berawal dari analisis kebutuhan (mencakup analisis pembelajaran dan analisis pembelajar dan konteks) yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, peneliti mendapatkan data sebagai berikut. Hasil analisis kebutuhan pada bagian hasil analisis pembelajar dan konteks diketahui persentase terbanyak sebanyak 34,4% siswa kelas XI IPS 3 memakai buku teks, catatan dari guru, dan lain-lain sebagai sumber belajar untuk belajar geografi. Sumber belajar lain-lain yang dipakai siswa pada saat belajar geografi adalah internet yaitu sebanyak 87%. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa produk buku suplemen perlu dikembangkan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti hanya menempuh sampai tahap kesembilan, yaitu sampai tahap melakukan revisi. Hal ini dikarenakan karena keterbatasan waktu dan biaya jika melakukan sampai tahap kesepuluh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) nilai modus yang muncul pada komponen kebahasaan adalah tiga, hal ini berarti buku suplemen jelas dari komponen kebahasaan; (2) nilai modus yang muncul pada komponen kegrafikan adalah tiga, hal ini berarti subjek penetelitian banyak yang setuju kalau pemahaman mereka terhadap materi hidrosfer bertambah setelah mengamati gambar/foto pada buku suplemen; (3) komponen kelayakan isi terdiri dari tiga poin penilaian, pertama adalah kemudahan siswa dalam memahami materi hidrosfer menggunakan buku suplemen muncul nilai modus tiga, yaitu mudah, hal ini berarti bagi sebagian besar subjek penelitian buku suplemen memudahkan merekan dalam memahami materi hidrosfer, kedua adalah apakah ada pengetahuan baru yang siswa dapat setelah membaca buku suplemen atau tidak, muncul nilai modus empat, hal ini berarti kebanyakan subjek penelitian setuju kalau mereka mendapatkan pengetahuan baru setelah membaca buku suplemen, ketiga adalah semngat siswa belajar materi hidrosfer menggunakan buku suplemen, muncul nilai modus tiga, berarti siswa bersemangat mempelajari materi hidrosfer menggunakan buku suplemen cerita bergambar ilmiah hidrosfer; (4) nilai modus yang muncul pada komponen penyajian adalah empat, hal ini berarti buku suplemen cerita bergambar ilmiah menarik secara kseluruhan (dari segi lay out, bacaan, dan gambar). Kata kunci: sumber belajar, suplemen, cerita bergambar, hidrosfer

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 31 Dec 2017 08:51
    Last Modified: 31 Dec 2017 08:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38662

    Actions (login required)

    View Item