pembelajaran teknik scroll dalam pembuatan produk kriya kayu kreatif pada siswa kelas XI kriya kayu SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017/2018

Abiyoga, Taufan Amirullah (2017) pembelajaran teknik scroll dalam pembuatan produk kriya kayu kreatif pada siswa kelas XI kriya kayu SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (163Kb)

    Abstract

    Pembelajaran Teknik “Scroll” Dalam Pembuatan Produk Kriya Kayu Kreatif Pada Siswa Kelas XI Kriya Kayu SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran teknik scroll dalam pembuatan produk kriya kayu kreatif pada siswa kelas XI Kriya Kayu SMK Negeri 9 Surakarta. (2) minat siswa dalam pembelajaran teknik scroll dalam pembuatan produk kriya kayu kreatif pada siswa kelas XI Kriya Kayu SMK Negeri 9 Surakarta. (3) visualisasi bentuk produk kriya kayu kreatif yang dihasilkan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru mempersiapkan rencana pembelajaran, selanjutnya pembelajaran dilakukan selama lima kali pertemuan. Guru menerapkan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dengan pendekatan scientific. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, latihan keterampilan/drill, dan pemberian tugas. Media pembelajaran yang digunakan berupa slide power point, video tutorial pembelajaran, contoh produk yang dihasilkan dengan teknik scroll, dan alat peraga pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dengan menilai aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Proses pembuatan karya terdiri beberapa langkah, antara lain persiapan bahan, pembuatan desain, penempelan desain, proses pemotongan, proses perakitan, dan finishing. (2) minat siswa pada pembelajaran teknik scroll termasuk dalam kategori sangat berminat, hal ini ditunjukkan dari perolehan skor yang tinggi, antusias siswa, dan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran. (3) secara keseluruhan visualisasi produk yang dihasilkan sudah baik, penguasaan teknik sudah cukup baik, dan rapi. Desain produk yang dihasilkan sudah menerapkan prinsip-prinsip seni rupa yaitu kesatuan, keseimbangan, proporsi, dan kontras. Pengembangan eksplorasi desain sudah baik, namun produk yang dihasilkan belum memenuhi kriteria sebagai produk kreatif. Kata kunci : pembelajaran, kriya kayu, teknik scroll

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 31 Dec 2017 08:51
    Last Modified: 31 Dec 2017 08:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38661

    Actions (login required)

    View Item