Novel Megamendung Kembar Karya Retni S.B. seabagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas : Analisis Sosiologi Sastra

Liliyani, Susmitha (2017) Novel Megamendung Kembar Karya Retni S.B. seabagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas : Analisis Sosiologi Sastra. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    Susmitha Liliyani. K1213072. NOVEL MEGAMENDUNG KEMBAR KARYA RETNI S.B. SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS : ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) struktur novel Megamendung Kembar (MK); (2) latar belakang sosial budaya ditulisnya novel MK; (3) sosial budaya dalam novel MK; (4) kualitas materi novel MK berdasarkan Instrumen dan Rubrik B3 Penilaian Buku Pengayaan Kepribadian; dan (5) implementasi novel MK sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data diperoleh dari dokumen yaitu novel Megamendung Kembar dan informan yang meliputi guru, peserta didik, dan pengarang novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Simpulan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, tokoh utama dalam novel ialah Sinur dan Awie. Novel MK bertemakan tentang sosial budaya dan mengambil latar beberapa kampung di Cirebon seperti Kampung Trusmi dan Kampung Kalitengah. Novel MK memiliki alur campuran, sudut pandang penceritaan dengan menggunakan kata ganti orang ketiga, dan gaya bahasa yang dominan digunakan dalam novel ini ialah majas personifikasi. Kedua, latar belakang ditulisnya novel MK ialah motivasi pengarang untuk mengenalkan kebudayaan Cirebon khususnya kebudayaan batik Cirebon agar lebih dikenal oleh masyarakat umum. Ketiga, sosial budaya yang ada di dalam novel MK ialah tentang kehidupan sosial dan tata cara sosial di kampung-kampung Cirebon serta kebudayaan batik Cirebon sebagai mata pencaharian bagi masyarakat di kampung-kampung tersebut khususnya di Kampung Trusmi dan Kampung Kalitengah. Keempat, kualitas materi novel MK ialah materi dalam novel MK memenuhi kriteria kelayakan materi sesuai dengan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Kelima, novel MK relevan jika digunakan sebagai bahan ajar di kelas XII SMA pada KD 3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca, 4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik, dengan materi pembelajaran mengenai pesan atau amanat dan nilai-nilai pendidikan yang ada di dalam novel. Kedua KD tersebut dapat diajarkan dengan menggunakan metode Jigsaw pada KD 3.7 dan metode CIRC pada KD 4.7. Novel ini dapat digunakan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia karena terdapat materi pembelajaran yang tertulis di dalam silabus yaitu materi mengenai nilai-nilai pendidikan dan amanat di dalam novel. Kata kunci: struktur novel, analisis sosiologi sastra, bahan ajar, novel Megamendung Kembar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 07:59
    Last Modified: 31 Dec 2017 07:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38656

    Actions (login required)

    View Item