Model Generalized Space Time Autoregressive Integrated dengan Pembobot Normalisasi Korelasi Silang pada Perkembangan Aset BPR di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur

Susanti, Susi (2017) Model Generalized Space Time Autoregressive Integrated dengan Pembobot Normalisasi Korelasi Silang pada Perkembangan Aset BPR di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (159Kb)

    Abstract

    Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan lembaga keuangan di Indonesia yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meskipun terbatas di bidang UMKM, perkembangan industri BPR terus meningkat. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan aset BPR di beberapa daerah. Perkembangan aset BPR mengikuti bentuk data runtun waktu. Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur memiliki perkembangan aset BPR cukup tinggi yang diduga saling berkaitan karena adanya kegiatan perekonomian sebagai provinsi yang bertetanggaan. Aset BPR di ketiga provinsi tersebut merupakan data runtun waktu yang tidak stasioner karena mengikuti pola tren naik. Oleh karena itu, model yang sesuai dengan data tersebut adalah model generalized space time autoregressive integrated (GSTARI) yang mempertimbangkan keterkaitan spasial dan waktu. Model GSTARI mengasumsikan karakteristik lokasi bersifat heterogen. Model GSTARI menggunakan orde spasial 1 dan orde autoregressive diperoleh dari lag optimal yang memiliki nilai Akaike information criterion corrected terkecil. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menerapkan model GSTARI menggunakan data aset BPR dan dapat meramalkan aset BPR untuk periode selanjutnya. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa lokasi yang digunakan pada penelitian ini mempunyai hubungan yang erat. Berdasarkan hasil identifikasi model, model terbaik yang didapatkan adalah GSTAR(31)-I(1). Pendugaan parameter menggunakan metode kuadrat terkecil dengan pemilihan variabel yang signifikan menggunakan metode stepwise dan matriks pembobot normalisasi korelasi silang. Residual model memenuhi asumsi white noise dan normal multivariat, sehingga model telah sesuai. Model tersebut memiliki rata-rata nilai RMSE sebesar 498.75 dan rata-rata nilai MAPE sebesar 2.48%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 07:53
    Last Modified: 31 Dec 2017 07:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38655

    Actions (login required)

    View Item