IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA NOMOR 32 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA NOMOR 3 TAHUN 1999 TENTANG SYARAT-SYARAT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LIFT UNTUK PENGANGKUTAN BARANG DAN ORANG DI PT PILLAR UTAMA CONTRINDO JAKARTA

Putra, Suryadana Rahayu (2017) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA NOMOR 32 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA NOMOR 3 TAHUN 1999 TENTANG SYARAT-SYARAT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LIFT UNTUK PENGANGKUTAN BARANG DAN ORANG DI PT PILLAR UTAMA CONTRINDO JAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1672Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimanakah implementasi Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 32 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift Untuk Pengangkutan Barang dan Orang di PT Pillar Utama Contrindo Jakarta. Kedua Bagaimana kendala yang dihadapi oleh PT Pillar Utama Contrindo Jakarta dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 32 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift Untuk Pengangkutan Barang dan Orang di PT Pillar Utama Contrindo Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Jenis data primer berupa wawancara dengan Koordinator Maintenance PT Pillar Utama Contrindo Jakarta. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dengan menggunakan teknik wawancara atau interview, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah model analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pillar Utama Contrindo Jakarta telah mengimplementasikan dengan baik Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 32 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift Untuk Pengangkutan Barang dan Orang, yang meliputi kapasitas angkut, mesin, kamar mesin, tali baja, teromol, ruang luncur, lekuk dasar, kereta, governor, perlengkapan pengaman, bobot imbang, rel pemandu, peredam, instalasi listrik, pembuatan lift, pemasangan lift, perbaikan lift, perawatan lift, perubahan lift, dan pemeriksaan maupun pengujian lift. Dalam melaksanakan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 32 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift Untuk Pengangkutan Barang dan Orang, PT Pillar Utama Contrindo Jakarta mengalam kendala dalam hal lamanya keluarnya izin pemakaian lift yang diterbitkan oleh Kementerian Tenaga Kerja. Hal ini diperparah dengan tidak adnya satupun aturan yang mengatur mengenai lamanya penerbitan izin pemakaian lift, sehingga tidak ada kepastian hukum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 31 Dec 2017 07:42
    Last Modified: 31 Dec 2017 07:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38653

    Actions (login required)

    View Item