Manajemen Pelayanan Perpustakaan Pasca Sentralisasi Di Universitas Sebelas Maret

SIHALOHO, ROULINA BR (2017) Manajemen Pelayanan Perpustakaan Pasca Sentralisasi Di Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1851Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) manajemen pelayanan perpustakaan pasca sentralisasi di Universitas Sebelas Maret; (2) respon civitas akademik terhadap pelayanan perpustakaan pasca sentralisasi; (3) kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelayanan pasca sentralisasi perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber diantaranya narasumber atau informan, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, dan dokumen arsip. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif . Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Manajemen pelayanan perpustakaan pasca sentralisasi terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan pelayanan masih dibuat secara lisan/informal dimana perencanaan tersebut tidak tercantum sesuai SOP karena perencanaannya dibuat akibat suatu kondisi yg mendesak. Sehingga pelaksanan pelayanan peminjaman dengan program penataan buku, pelayanan pengembalian dengan kebijakan sanksi denda, pelayanan keanggotaan dengan program one card, dan pelayanan loker dengan program self services mengalami kendala. Sementara pengorganisasian dilakukan dengan pembagian kerja secara rotasi dan pengawasan dilakukan secara langsung oleh ketua devisi dan melalui laporan bulanan yang diberikan oleh koordinator kepada ketua devisi. (2) Respon civitas akademik terhadap pelayanan perpustakaan terdiri dari tiga yaitu respon positif, negative, dan tidak peduli. Respon civitas akademik terhadap pelayanan lebih cendrung kepada respon negative. (3) Kendala pelayanan perpustakaan pasca sentralisasi adalah kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia), sistem pencatatan denda masih manual yang kurang efisien, kurangnya koordinasi perpustakaan dengan Bank yang bekerjasama dengan kampus, dan pembuatan sistem kunci loker membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan solusi yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan UNS terhadap kendala tersebut adalah pelaksanaan rotasi, perencanaan sistem berbasis komputersasi, pelaksanaan negosiasi dengan pihak bank yang bekerjasama, dan menyediakan fasilitas pendukung (tas transparan, nomer besar yang dikalungkan, dan nomor kecil yang dikalungkan). Kata Kunci : Pelayanan, Manajemen Pelayanan, Perpustakaan, Sentralisasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 31 Dec 2017 00:10
    Last Modified: 31 Dec 2017 00:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38635

    Actions (login required)

    View Item