pembelajaran ebru art pada mata pelajaran seni budaya di kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016

ARDIPRAYOGO, NANDAR (2017) pembelajaran ebru art pada mata pelajaran seni budaya di kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (196Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nandar Ardiprayogo PEMBELAJARAN EBRU ART PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X IPS SMA KRISTEN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran Ebru Art di kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta. (2) bentuk karya Ebru Art siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta dilihat dari prinsip-prinsip seni rupa. (3) dampak pembelajaan terhadap kreativitas siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta dalam menerima pembelajaran Ebru Art. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Drs. Putut Armunanto selaku guru seni budaya dan siswa kelas X IPS SMA Kristen 2 Surakarta; serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Ebru Art meliputi: (a) persiapan antara lain; menyiapkan materi, media berupa video tutorial, metode(ceramah, tanya jawab, demonstrasi) dan evaluasi pembelajaran. (2) secara umum karya Ebru Art siswa sudah menggunakan prinsip-prinsip seni rupa (3) siswa memiliki kreatifitas yang tinggi pada pembelajaran Ebru Art. Kata kunci : pembelajaran seni budaya, , Ebru Art, kreativitas ABSTRACT Nandar Ardiprayogo. EBRU ART LEARNING IN CULTURAL ART SUBJECT IN THE 10TH SOCIAL SCIENCE GRADE OF SMA KRISTEN 2 SURAKARTA IN THE SCHOOL YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. The objective of research was to find out: (1) the implementation of Ebru Art learning in the 10th Social Science grade of SMA Kristen 2 Surakarta, (2) the form of Ebru Art work in the 10th Social Science graders of SMA Kristen 2 Surakarta viewed from fine art principles, and (3) the effect of learning on student creativity in the 10th Social Science grade of SMA Kristen 2 Surakarta in receiving Ebru Art learning. This research employed a qualitative approach. Data source derived from the informants selected, in this case Drs. Putut Armunanto as cultural art teacher and the 10th Social Science graders of SMA Kristen 2 Surakarta and from photograph, work, and archive document. Techniques of collecting data used were direct observation, in-depth interview, and documentation. The sampling technique used was purposive sampling. Data validation was carried out using an interactive model of analysis encompassing data reduction, data display, and conclusion drawing. The result of research showed that: (1) Ebru Art learning included (a) preparation involving preparing material, media, tutorial video, method (lecturing, debriefing, demonstration), and learning evaluation; (2) generally the students’ Ebru Art work had used fine art principles, and (3) the students had high creativity in Ebru Art learning. Keywords: cultural art learning, Ebru Art, creativity

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:51
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38624

    Actions (login required)

    View Item