PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGASEM III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Sulistiyaningsih, Eny (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGASEM III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (2060Kb)

    Abstract

    Eny Sulistiyaningsih. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGASEM III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus 2010. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta dengan metode peta pikiran (mind mapping). Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kegiatan guru pada siklus I nilainya 2,56 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,67 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I nilainya 2,67 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,75 dengan kriteria sangat baik. Kedua ada peningkatan kemampuan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis narasi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis narasi dari rata-rata 61,2 menjadi 65,8 dengan ketuntasan klasikal 68% dan pada siklus II ada peningkatan kemampuan menulis narasi dari rata-rata 65,8 menjadi 73,4 dengan ketuntasan kalsikal 84%. Dengan demikian, dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Kata Kunci: Kemampuan menulis narasi, metode peta pikiran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:59
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3862

    Actions (login required)

    View Item