MODEL OPTIMISASI KEPUTUSAN MAKE OR BUY DAN PERBAIKAN KUALITAS KOMPONEN MENGGUNAKAN REBATE UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA MANUFAKTUR, KERUGIAN KUALITAS, DAN KETERLAMBATAN

Imamah, Namrotul Uela Fatakunul (2017) MODEL OPTIMISASI KEPUTUSAN MAKE OR BUY DAN PERBAIKAN KUALITAS KOMPONEN MENGGUNAKAN REBATE UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA MANUFAKTUR, KERUGIAN KUALITAS, DAN KETERLAMBATAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (179Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model optimisasi keputusan make or buy dan perbaikan kualitas komponen menggunakan rebate untuk meminimumkan biaya manufaktur, kerugian kualitas, dan keterlambatan dengan mempertimbangkan kapabilitas proses, kapasitas produksi, kapasitas pemasok, permintaan konsumen, jatuh tempo dari konsumen, dan routing dari proses manufaktur. Batasan pada model yang dikembangkan adalah batasan toleransi, variansi proses, minimum pemasok atau proses yang terpilih, serta kualitas komponen sebelum dan sesudah penerapan rebate. Contoh numerik diberikan untuk menunjukkan aplikasi dari model yang dikembangkan. Produk rakitan terdiri atas tiga komponen. Pada proses manufaktur yang dilakukan oleh pemanufaktur atau in-house production, terdapat dua cell produksi, dimana pada masing-masing cell terdapat beberapa mesin identik dengan karakteristik yang berbeda. Jaringan pemasok yang dikembangkan pada model terdiri atas dua tier, dan pada masing-masing tier terdapat dua pemasok yang akan memasok komponen kepada pemasok pada tier berikutnya atau kepada pemanufaktur. Pemanufaktur memasang target kualitas optimal komponen yang harus dicapai oleh para pemasok, apabila pemasok dapat melampaui target kualitas dari pemanufaktur, maka pemasok yang berkaitan akan mendapatkan rebate.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:43
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38618

    Actions (login required)

    View Item