PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS

A, NUURITA AHADDIINA (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (47Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh: (1) lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa menjadi guru; (2) persepsi mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap minat menjadi guru; (3) lingkungan keluarga dan persepsi mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Guru terhadap minat menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Tahun Angkatan 2013-2014 yang berjumlah 112 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan proportionate stratified random sampling, sebanyak 87 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 2,236 > 1,992 dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,034 < 0,05. Lingkungan keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 9,8% terhadap minat menjadi guru; (2) terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang PPG terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 9,069 > 1,992 dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Persepsi mahasiswa tentang PPG memberikan sumbangan efektif sebesar 41,3% terhadap minat menjadi guru; (3) terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi mahasiswa tentang PPG secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 43.877 > 3,11, dan Sig. < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi mahasiswa tentang PPG secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif 51,1% terhadap minat menjadi guru. Kata kunci: lingkungan keluarga, persepsi mahasiswa tentang PPG, minat menjadi guru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:40
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38616

    Actions (login required)

    View Item