Identitas Anak Indonesia di Majalah (Analisis Wacana Konstruksi Identitas Anak Indonesia di Majalah Bobo Edisi Hari Kemerdekaan Periode 1975-1992)

ROFIQOH, NAIMATUR (2017) Identitas Anak Indonesia di Majalah (Analisis Wacana Konstruksi Identitas Anak Indonesia di Majalah Bobo Edisi Hari Kemerdekaan Periode 1975-1992). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2364Kb)

    Abstract

    Nasionalisme adalah salah satu proyek paling penting negara-bangsa. Negara-bangsa senantiasa berupaya menciptakan sebentuk kultur negara sebagai identitas nasional agar dapat dibedakan dengan bangsa-bangsa lain. Nasionalisme sebagai proyek diwujudkan lewat berbagai propaganda sosial, ekonomi, politik, juga budaya dan menjadikan identitas kebangsaan sebagai sebuah kelumrahan. Pembentukan identitas kebangsaan pertama-tama dan paling fundamental tentu saja dilakukan pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana nasionalisme dikonstruksi pada anak-anak di majalah anak Bobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Penelitian ini berfokus pada konstruksi wacana identitas keindonesiaan yang terdapat dalam pesan-pesan di majalah anak Bobo edisi Hari Kemerdekaan periode 1975-1992. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis wacana Laclau dan Mouffe yang berfokus pada konsep identitas, antagonisme, dan hegemoni. Sumber data penelitian ini adalah majalah Bobo edisi Hari Kemerdekaan periode 1975-1992 dan literatur-literatur lain yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bentuk-bentuk identitas “anak Indonesia” dikonstruksi dalam tiga gagasan besar: bangsa, tanah air, dan negara. Pada tataran bangsa, anak Indonesia terbentuk oleh tautan dengan masa lalu penjajahan, pahlawan yang telah gugur, dan peristiwa proklamasi. Tanah air dikonstruksi lewat pengertian geografis konsep wilayah kekuasaan Indonesia yang direpresentasikan peta, dan tanah air dalam arti historis sebagai tanah tempat sejarah bangsa Indonesia terjadi. Wacana identitas anak Indonesia di majalah Bobo dikonstruksi dengan cara mengenalkan kembali bentuk-bentuk identitas yang sesungguhnya sudah diketahui oleh anak di sekolah untuk menegaskan identitas anak Indonesia dalam diri anak-anak. Corak khas Orde Baru juga tidak terpisahkan dalam bentuk-bentuk konstruksi wacana identitas anak Indonesia dan bagaimana wacana itu dikonstruksi di majalah Bobo. Akhirnya, anak Indonesia anak-anak yang mengakui kecintaan atas nama bangsa dan negaranya, untuk melanggengkan negara Orde Baru. Untuk membongkar konstruksi identitas anak Indonesia lebih, terutama yang dikonstruksi lewat media cetak anak, penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengambil edisi-edisi di luar momen kenegaraan khusus. Penelitian pada momen keseharian akan lebih memperlihatkan bagaimana hegemoni negara terhadap identitas nasional merasuk ke dalam batin anak. Kata Kunci : wacana identitas, nasionalisme, anak Indonesia, identitas keindonesiaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:40
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38615

    Actions (login required)

    View Item