Desain Konservasi Air Pada Rumah Ramah Lingkungan Sebagau Suplemen Media Pembelajaran Pada mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung

Susilo, Nur Cahyo (2017) Desain Konservasi Air Pada Rumah Ramah Lingkungan Sebagau Suplemen Media Pembelajaran Pada mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3550Kb)

    Abstract

    Mahasiswa calon guru teknik bangunan harus memiliki pengetahuan akan lingkungan, erat kaitannya dengan pembangunan yang memperhatikan aspek lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup perlu ditanamkan sejak dini kepada peserta didik, agar tercipta generasi penerus yang peduli akan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran konstruksi bangunan gedung. Luaran dari penelitian ini adalah maket konservasi air pada rumah ramah lingkungan, buku pegangan pendamping maket (booklet), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode research and development (R&D) level 1 yang dikemukakan oleh Sugiyono. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif dengan mengikuti langkah-langkah penelitian untuk menghasilkan suatu produk. Langkah-langkah pengembangan pada penelitian ini meliputi: (1) tahap studi pendahuluan dan perancangan yang meliputi tiga kegiatan yaitu; (a) potensi dan masalah, (b) studi literatur dan pengumpulan informasi, dan (c) desain produk; (2) tahap pengembangan yaitu meliputi pembuatan maket dan kegiatan validasi desain, (3) tahap evaluasi yaitu meliputi kegiatan perbaikan produk yang dikembangkan hingga menjadi sebuah desain yang layak. Sumber data pada penelitian ini adalah akademisi pemerhati green building, praktisi GBCI, ahli lingkungan, ahli pembelajaran, dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil validasi ahli pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa dari aspek RPP, termasuk dalam kriteria sangat layak. Kemudian hasil validasi ahli media, dapat disimpulkan bahwa dari aspek media pembelajaran, termasuk dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk tersebut sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa calon guru teknik bangunan untuk pendidikan lingkungan hidup. Kata Kunci: bangunan, green home, pendidikan, rumah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:31
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38611

    Actions (login required)

    View Item