ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KABUPATEN BOYOLALI

Fadli, Muhammad Adijaya (2017) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (836Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran ikan lele dumbo di Kabupaten Boyolali, mengetahui bagaimana tugas dan fungsi lembaga-lembaga pemasaran ikan lele dumbo di Kabupaten Boyolali, menganalisis besarnya biaya, keuntungan dan marjin pemasaran ikan lele dumbo di Kabupaten Boyolali, dan mengetahui saluran pemasaran ikan lele dumbo di Kabupaten Boyolali yang paling efisien secara ekonomi. Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Metode penentuan responden dilakukan dengan metode proporsional. Analisis data yang digunakan yaitu analisis pola saluran pemasaran, analisis fungsi pemasaran, analisis biaya, keuntungan, dan margin pemasaran, dan analisis efisiensi ekonomi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga saluran pemasaran ikan Ikan Lele Dumbo yaitu, saluran I: Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen. Saluran II: Petani → Pedagang Pengecer → Konsumen. Saluran III: Petani → Pedagang Besar Luar Kabupaten Boyolali → Pedagang Pengecer Luar Kabupaten Boyolali → Konsumen Luar Kabupaten Boyolali. Pada saluran I total biaya pemasaran adalah Rp 1.028 per kg, total keuntungan pemasaran Rp 1.955 per kg, dan marjin pemasaran Rp 2.900 per kg. Untuk saluran pemasaran II total biaya pemasaran Rp 1.420 per kg, total keuntungan pemasaran Rp 3.141 per kg, dan marjin pemasaran Rp 4.200 per kg. Untuk saluran pemasaran III total biaya pemasaran Rp 1.860 per kg, total keuntungan pemasaran Rp 3.928 per kg dan margin pemasaran Rp 5.500 per kg. Dilihat dari efisiensi pemasaran secara ekonomi dari ke tiga saluran pemasaran yang ada di Kabupaten Boyolali, saluran pemasaran I adalah saluran pemasaran ikan lele dumbo yang paling efisien karena memiliki margin pemasaran yang paling kecil dan mempunyai nilai farmer’s share tertinggi yaitu 85,13%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 23:19
    Last Modified: 30 Dec 2017 23:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38605

    Actions (login required)

    View Item