Upaya Meningkatkan Hsil Belajar Lempar Cakram Melalui Pendekatan Team Games Tournament Menggunakan Modifikasi Sarana Pembelajaran Pada siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Dwiana, Hayu (2017) Upaya Meningkatkan Hsil Belajar Lempar Cakram Melalui Pendekatan Team Games Tournament Menggunakan Modifikasi Sarana Pembelajaran Pada siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (409Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar cakram melalui pendekatan team games tournament menggunakan modifikasi sarana pembelajaran pada siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Yang berjumlah 34 peserta didik, terdiri dari 10 peserta didik putra dan 24 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pratindakan peserta didik yang tuntas (26.47%) dan peserta didik lainnya belum tuntas (73.53%). Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan peserta didik yang telah tuntas (61.76%) dan peserta didik masih belum tuntas (38.24%) dengan perolehan nilai rata-rata psikomotor (61,76%), afektif (55,88%), dan kognitif (67,64%). Pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan peserta didik yang telah tuntas (88.23%) dan peserta didik masih belum tuntas (11.77%) dengan perolehan nilai rata-rata psikomotor (88,23%), afektif (85,29%), dan kognitif (94,11%). Berdasarkan hasil analisis dari siklus I dan II tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan dan sesuai dengan target pencapaian. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa: dalam penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar tiap siklusnya, maka penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : hasil belajar, lempar cakram, pendekatan team game tournament, menggunakan modifikasi sarana pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 21:59
    Last Modified: 30 Dec 2017 21:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38579

    Actions (login required)

    View Item