Stabilisasi Tanah Ekspansif dengan Campuran Kapur dan Tras Ditinjau dari Nilai California Bearing ratio (CBR) dan Swelling Parameter

W, HAFIZHAN ADLAN (2017) Stabilisasi Tanah Ekspansif dengan Campuran Kapur dan Tras Ditinjau dari Nilai California Bearing ratio (CBR) dan Swelling Parameter. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (388Kb)

    Abstract

    Tanah ekspansif mengembang seiring kadar air pada tanah tersebut meningkat dan menyusut saat kadar air pada tanah tersebut menurun. Perilaku ini dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada struktur di atas tanah. Stabilisasi tanah ekspansif dengan menambahkan campuran kapur dan trass dipelajari dalam penelitian ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan campuran kapur dan tras di tanah ekspansif terhadap nilai Bearing Ratio California (CBR) dan swelling parameter tanah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan campuran kapur dan tras meningkatkan nilai CBR dan menurunkan swelling parameter tanah. Komposisi yang paling ideal yaitu terdiri dari 5% kapur dan 10% tras berdasarkan uji potensi mengembang, sedangkan penambahan kapur 7,5% dan trass 10% adalah komposisi paling ideal berdasarkan uji CBR,dan uji tekanan mengembang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 20:36
    Last Modified: 30 Dec 2017 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38572

    Actions (login required)

    View Item