PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL PjBL DAN PBL BERDASARKAN REPRESENTASI TETRAHEDRAL KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pembelajaran Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2016/2017)

Widyasari, Frenika (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL PjBL DAN PBL BERDASARKAN REPRESENTASI TETRAHEDRAL KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pembelajaran Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (879Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran model PjBL dan PBL berdasarkan representasi tetrahedral kimia terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa; (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran PjBL dan PBL berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 2×2. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diambil 2 kelas di SMA Negeri 1 Sragen. Teknik pengumpulan data dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kreativitas, angket untuk skala penilaian sikap, observasi untuk ketrampilan dan penerapan tetrahedral kimia, serta kajian dokumen yang dimiliki guru. Uji hipotesis penelitian untuk prestasi belajar aspek kognitif dan ketrampilan menggunakan uji parametrik anava dua jalan, dan untuk prestasi belajar aspek sikap menggunakan uji non parametrik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh pembelajaran kimia menggunakan model PjBL dan PBL berdasarkan representasi tetrahedral kimia terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan; (2) terdapat perbedaan tingkat pemahaman siswa terhadap setiap subbab materi koloid yang diberikan sesuai dengan representasi tetrahedral kimia dalam proses pembelajaran pada kelas PjBL dan PBL; (3) ada pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar aspek pengetahuan dan ketrampilan namun tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar aspek sikap; (4) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran PjBL dan PBL berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kreativitas terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Kata Kunci: PjBL, PBL, tetrahedral kimia, prestasi belajar, kreativitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 19:51
    Last Modified: 30 Dec 2017 19:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38565

    Actions (login required)

    View Item