GUGATAN CLASS ACTION TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM PT AGRONUSA BUMI LESTARI DALAM PERKARA LAHAN PLASMA KEBUN KELAPA SAWIT (Studi Kasus Putusan MA No: 15K/Pdt/2015)

ALFIANTO, FAJAR DWI (2017) GUGATAN CLASS ACTION TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM PT AGRONUSA BUMI LESTARI DALAM PERKARA LAHAN PLASMA KEBUN KELAPA SAWIT (Studi Kasus Putusan MA No: 15K/Pdt/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (668Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengkaji mengenai kesesuaian Gugatan Class Action dalam Perkara Nomor: 14/Pdt.G/2012/PN.Sky dengan Pasal 2 Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2002 serta dasar pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan kasasi Para Pemohon Kasasi dengan Putusan Nomor: 15K/Pdt/2015. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi pustaka. Teknis analisis bahan hukum yang digunakan adalah analisis yang bersifat deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Gugatan Class Action dalam perkara Nomor 14/Pdt.G/2012/PN Sky telah sesuai dengan Pasal 2 Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2002 yang mengatur mengenai persyaratan jumlah anggota kelas sangat banyak sehingga tidak efisien dan efektif apabila diajukan gugatan biasa maupun kumulatif, adanya kesamaan fakta peristiwa, dasar hukum serta tipe tuntutan, dan kelayakan wakil kelas.. Dasar pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan kasasi dalam Putusan No. 15K/Pdt/2015 adalah bahwa Pengadilan Tinggi Palembang telah salah dalam menerapkan hukum c.q hukum pembuktian serta Para Penggugat telah dapat membuktikan dalil gugatannya sebagai pemilik yang sah lahan plasma kebun kelapa sawit dengan mitra Turut Tergugat sebagaimana Surat Keputusan Bupati Banyuasin Nomor 656 Tahun 2007. Kata Kunci : Gugatan Perwakilan Kelompok (Class Action), Putusan, Kasasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 19:38
    Last Modified: 30 Dec 2017 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38561

    Actions (login required)

    View Item