Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2015

ANANDA, ERWINDA AGNESIA VONI (2017) Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (912Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, yaitu berupa Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas Pendapatan Asli Daerah (PAD), Rasio Efisiensi Keuangan Daerah, dan Rasio Alokasi Belanja Modal terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal berpengaruh signifikan terhadap IPM 2) Rasio Kemandirian Keuangan Daerah dan Rasio Efektivitas PAD berpengaruh signifikan terhadap IPM 3) Rasio Efisiensi Keuangan Daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap IPM 4) Rasio Alokasi Belanja Modal berpengaruh tidak signifikan terhadap IPM. Dari hasil tersebut diharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mampu memberikan porsi yang optimal pada bidang-bidang yang menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan lebih mengoptimalkan pengeluarannya pada belanja modal untuk pelayanan publik dibandingkan dengan belanja operasional maupun belanja pegawai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 30 Dec 2017 19:33
    Last Modified: 30 Dec 2017 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38559

    Actions (login required)

    View Item