TINGKAT DAYA TARIK SELEBGRAM TERHADAP PENGGUNAAN GAYA FASHION HIJAB (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Faktor Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Visibility dan Power Selebgram Terhadap Penggunaan Gaya Fashion Hijab di Kalangan Follower Akun Instagram tutorialhijab Tahun 2017)

Wulandari, Siti Nurjannah (2017) TINGKAT DAYA TARIK SELEBGRAM TERHADAP PENGGUNAAN GAYA FASHION HIJAB (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Faktor Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Visibility dan Power Selebgram Terhadap Penggunaan Gaya Fashion Hijab di Kalangan Follower Akun Instagram tutorialhijab Tahun 2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (444Kb)

    Abstract

    Instagram saat ini telah menjadi media sosial yang menjadi sorotan semua kalangan. Negara Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Instagram terbanyak ketiga setelah Jepang dan Brasil. Fashion dan teknologi adalah brands yang paling populer di antara para pengguna Instagram di Indonesia dengan jumlah 49 persen. Mendunianya Instagram membuat munculnya selebriti Instagram yang disebut selebgram yang dianggap mampu mempengarui sikap khalayak melalui informasi yang disampaikan olehnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor-faktor tingkat daya tarik selebgram terhadap penggunaan gaya fashion hijab. Elaboration Likelihood Model dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh attractiveness, trustworthiness, expertise, visibility dan power selebgram dalam akun Instagram tutorialhijab terhadap penggunaan gaya fashion hijab pada follower. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menjelaskan pengaruh attractiveness, trustworthiness, expertise, visibility dan power selebgram secara simultan terhadap penggunaan gaya fashion hijab follower. Populasi yang digunakan adalah seluruh follower akun Instagram tutorialhijab. Peneliti menetapkan jumlah minimal responden adalah 200 orang dengan menggunakan rumus Yamane. Kuesioner disebarkan melalui akun tutorialhijab dengan menitipkannya pada pemilik akun dengan rentang waktu tanggal 8 - 21 Mei 2017. Kekurangan target perolehan responden lalu dicari peneliti dengan menghubungi para follower yang meninggalkan love dan komentar pada postingan tutorialhijab dalam kurun waktu postingan 3 bulan terakhir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang diharapkan dapat mengukur seberapa berpengaruh faktor-faktor daya tarik selebgram terhadap penggunaan gaya fashion hijab di kalangan follower akun tutorialhijab. Hasil uji analisis SEM menunjukkan bahwa model konseptual penggunaan gaya fashion hijab memiliki kesamaan dengan populasi dengan nilai p-value sebesar 0,90699 dan RMSEA sebesar 0,00. Faktor-faktor yang memiliki pengaruh paling besar terhadap penggunaan gaya fashion hijab secara berturut-turut adalah attractiveness (0,27), expertise (0,20), trustworthiness (0,19), visibility (0,15), power (-0,04). Sedangkan indikator yang berkontribusi positif paling besar adalah dependable (0,247), cantik (0,177) dan classy (0,141). Kata kunci: structural equation model, elaboration likelihood model, daya tarik selebgram, penggunaan gaya fashion hijab

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 30 Dec 2017 11:41
    Last Modified: 30 Dec 2017 11:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38547

    Actions (login required)

    View Item