PENERAPAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS GERAK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)

EKASARI , NOVIA (2017) PENERAPAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS GERAK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (815Kb)

    Abstract

    Novia Ekasari. K7113157. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS GERAK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menganalisis gerak benda melalui penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap tahap terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri Setono 95 Surakarta yang berjumlah 33 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 61dengan persentase ketercapaian kelas 27%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 72,4 dengan persentase ketercapaian 55%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 79,22 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: melalui penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan menganalisis gerak benda pada siswa kelas III SD Negeri Setono 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), based experiment, gerak benda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 30 Dec 2017 11:56
    Last Modified: 30 Dec 2017 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38546

    Actions (login required)

    View Item