PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY : VIRTUAL MUSEUM TRINIL BILIK KANAN DI NGAWI MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE BERBASIS ANDROID

Septiawati, Maswanti (2017) PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY : VIRTUAL MUSEUM TRINIL BILIK KANAN DI NGAWI MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (263Kb)

    Abstract

    Museum Trinil merupakan salah satu tempat hunian kehidupan purba pada zaman Pleistosen Tengah, kurang lebih satu juta tahun yang lalu ,Museum Trinil salah satu museum yang menampilkan fosil-fosil manusia purba maupun hewan purba pada zaman purbakala. Keberadaan museum ini belum terlalu diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, dibangun Aplikasi 3D Virtual Reality Museum Trinil dengan tujuan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang fosil-fosil manusia purba maupun hewan purba. Virtual Reality merupakan teknologi yang akan menampilkan penggambaran suatu tempat atau objek yang disajikan dalam bentuk 3 dimensi. Dengan teknologi virtual reality ini akan memberikan efek kepada pengguna dapat merasakan secara langsung masuk kedalam lingkungan virtual. Salah satu pengembangan teknologi virtual reality diguanakan sebagai sarana penyampaian informasi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang peranan museum trinil dan sebagai media publikasi kepada wisatawan baik dalam maupun luar kota Ngawi. Virtual Reality Museum Trinil akan menampilkan fosil-fosil manusia purba maupun hewan purba seperti fosil gading gajah, kepala gajah, fosil tengkorak manusia purba pada zaman dahulu. Untuk pembuatan Virtual reality Museum Trinil berbentuk file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat android yang memiliki sesnsor gyroscope. Virtual Museum Trinil diharapkan mampu menggambarkan secara virtual museum trinil, sheingga dapat digunakan sarana edukasi tentang sejarah fosil-fosil manusia purba maupun hewan purba pada zaman dahulu dan sebagai media publikasi kepada wisatawan baik lokal mapun luar Kota Ngawi secara lebih interaktif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 30 Dec 2017 11:20
    Last Modified: 30 Dec 2017 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38539

    Actions (login required)

    View Item