ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KUALITAS DAN MANAJEMEN LINGKUNGAN PADA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA HOTEL DI KOTA SURAKARTA)

Lawrence, Samuel (2017) ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KUALITAS DAN MANAJEMEN LINGKUNGAN PADA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA HOTEL DI KOTA SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (183Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen kualitas dan manajemen lingkungan yang meliputi kinerja keuangan dan kesuksesan pasar. Penelitian ini dilakukan di hotel bintang 1-5 di kota Surakarta. Responden dalam penelitian ini adalah manajer hotel bintang 1-5 di kota Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 40 manajer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pangambilan data responden pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan teknik analisis Partial Least Square. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari manajemen kualitas sebagai variabel independen, manajemen lingkungan sebagai variabel mediasi, dan kinerja keuangan, dan kesuksesan pasar sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manajemen kualitas dan manajemen lingkungan berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja keuangan dan kesuksesan pasar. Manajemen kualitas tidak berpengaruh signifikan pada kinerja keuangan. Hasil mediasi menunjukan bahwa manajemen lingkungan memediasi secara penuh pengaruh manajemen kualitas, kinerja keuangan dan kesuksesan pasar. Kata Kunci: manajemen kualitas, manajemen lingkungan, kinerja keuangan, kesuksesan pasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 30 Dec 2017 10:59
    Last Modified: 30 Dec 2017 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38534

    Actions (login required)

    View Item