PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN MATAHARI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Surakarta 2016/2017)

DAMAYANTI, ADE RAHMA (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN MATAHARI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Surakarta 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1018Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ade Rahma Damayanti. K7113001. “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN MATAHARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas II SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Surakarta 2016/2017)”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kenampakan matahari siswa kelas II semester II SDN Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan metode pembelajaran outdoor study berbasis media pembelajaran flip chart. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep kenampakan matahari. Subjek penelitian adalah peneliti, guru dan siswa kelas II SDN Tunggulsari 1 No.72 Surakarta yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus yang memiliki 4 tahapan di setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kenampakan matahari meningkat melalui penerapan metode pembelajaran outdoor study berbasis media pembelajaran flip chart . Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil ketuntasan klasikal setiap siklus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal ≥ 70 yaitu pada pratindakan hingga siklus I ketuntasan klasikal pemahaman konsep kenampakan matahari mengalami peningkatan, yaitu dari 32,25% menjadi 70,97%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran outdoor study berbasis media pembelajaran flip chart dapat meningkatkan pemahaman konsep kenampakan matahari pada siswa kelas II SDN Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: metode outdoor study, media flip chart, pemahaman konsep kenampakan matahari. ABSTRACT Ade Rahma Damayanti. K7113001. IMPROVEMENT OF CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF SOLAR APPEARANCE THROUGH FLIP CHART MEDIA-BASED OUTDOOR STUDY LEARNING METHOD (A Classroom Action Research on the Students in Grade II of State Primary School Tunggulsari 1 No. 72 of Laweyan Surakarta 2016/2017). Skrips, The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta 2017. The objective of this classroom action research is to improve the conceptual understanding of solar appearance of the students in Grade II of State Primary School Tunggulsari 1 No. 72 of Laweyan, Surakarta in Academic Year 2016/2017 through the application of flip chart media-based outdoor study learning method. This research is a classroom action research. The variable that became the target of change in this research is the conceptual understanding of solar appearance. Research subjects are researchers, teachers and students grade II of state primary school Tunggulsari 1 No.72 Surakarta consisting of 31 students. The study was conducted during 2 cycles which have 4 stages in each cycle namely: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used documentation, observation, interviews, and tests. The validity of the data used the content validity and triangulation. Data analysis techniques used descriptive analysis of comparative and interactive analysis consisting of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the conceptual understanding of solar appearance increased through the application of flip chart media-based outdoor study learning. The increase can be proven with the result of classical completeness of each cycle based on the Minimum Exhaustiveness Criteria ≥ 70 that is on pre-action until the first cycle of classical completeness conceptual understanding of solar appearance has increased from 32.25% to 70.97%. In second cycle also experienced an increase with classical completeness of 87.1%. The conclusion of this research is application of flip chart learning media-based outdoor study can improve the conceptual understanding of solar appearance on the students of grade II of state primary school Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Surakarta academic year 2016/2017. Keywords: Outdoor study learning method, flip chart media, conceptual understanding of solar appearance

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 30 Dec 2017 10:37
    Last Modified: 30 Dec 2017 10:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38525

    Actions (login required)

    View Item