PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS SERTA LEVERAGE TERHADAP TINGKAT KONSERVATISME AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016)

B, ROIKHATUS SHOIMAH (2017) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS SERTA LEVERAGE TERHADAP TINGKAT KONSERVATISME AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (179Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Konservatisme akuntansi diimplementasikan dalam keadaan jika terdapat suatu peningkatan aktiva yang belum terealisasi, maka kejadian tersebut belum bisa diakui, tetapi mengakui adanya penurunan aktiva walaupun kejadian tersebut belum terealisasi.Penelitian tentang konservatisme telah banyak dilakukan, namun hasilnya masih belum konsisten, yang menunjukkan bahwa penelitian terkait konservatisme ini masih harus dilakukan untuk mendukung penelitian sebelumnya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas serta leverage terhadap tingkat konservatisme akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat uji yang digunakan yaitu SPSS versi 20.Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan carapurpose sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunkan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan profitabilitas, leverage serta variabel kontrol size mempunyai hubungan negatif signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Kata kunci: kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, konservatisme akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 13:04
    Last Modified: 29 Dec 2017 13:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38495

    Actions (login required)

    View Item