SISTEM PENGEREMAN PADA KURSI RODA LINCAH UNS

H, WISNU PRATAMA (2017) SISTEM PENGEREMAN PADA KURSI RODA LINCAH UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (356Kb)

    Abstract

    Latar belakang dibuatnya Kursi Roda Lincah UNS adalah untuk memperbanyak fungsi dari kursi roda. Selain itu Kursi Roda Lincah UNS ini juga di modifikasi dikasih tuas, sistem transmisi dan sistem pengereman yang baik. Metode atau cara yang digunakan dalam merancang sistem rem adalah pengumpulan data sistem rem, lalu pembelian part, kemudian perakitan, dan mengalisa gaya pengereman. Analisa rem meliputi mencari gaya handle yang dibutuhkan untuk menghasilkan gaya pengereman yang dibutuhkan ketika jalan lurus dan menurun. Tujuan dari analisa rem ini adalah untuk mencari perhitungan gaya pengereman dan waktu pengereman. Perencanaan rem dimulai dari merencanakan jarak pengereman yaitu 5 meter dengan kecepatannya adalah 4 km/jam. Analisa perhitungan rem menghasilkan gaya pedal rem yang dibutuhkan untuk mengerem saat jalan turun dengan sudut 80 adalah 83,91 N, dan waktu pengereman sebesar 8,92 sekon. Kata kunci: gaya pengereman, jarak pengereman, waktu pengereman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Mesin
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 12:12
    Last Modified: 29 Dec 2017 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38487

    Actions (login required)

    View Item