Natural Face Mask: Produksi Masker Wajah Berbahan Dasar Wortel (Daucus carota L,)

LISTIANINGSIH, VERRA (2017) Natural Face Mask: Produksi Masker Wajah Berbahan Dasar Wortel (Daucus carota L,). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (220Kb)

    Abstract

    Natural Face Mask merupakan produksi masker serbuk berbahan alami dari wortel, beras, bengkuang dan temulawak, dimana wortel sebagai bahan dasarnya. Tujuan memproduksi Natural Face Mask yaitu dapat mempraktikan pembuatan masker wajah dengan menggunakan wortel, beras, bengkuang dan temulawak sebagai produk olahan kecantikan berbahan alami, dapat menganalisis usaha dan kelayakan usaha Natural Face Mask sebagai salah satu peluang usaha dan memasarkan produk Natural Face Mask ke lingkungan masyarakat. Proses produksi Natural Face Mask dimulai dari persiapan alat dan bahan, pengupasan bahan baku, pencucian bahan, penumbukan beras, pemarutan wortel, bengkuang dan temulawak, pengeringan bahan, penghalusan bahan, peracikan semua bahan, pengemasan dan pemasaran. Natural Face Mask dikemas menggunakan kemasan standing pouch sebagai kemasan sekunder yang diberi label. Produksi Natural Face Mask dihasilkan sebanyak 40 kemasan dengan berat bersih setiap kemasannya yaitu 30 gram. Harga jual per kemasan yaitu Rp. 13.000,00 sehingga diperoleh keuntungan sebesar Rp. 95.650,00. Berdasarkan analisis kelayakan usaha, BEP produksi didapatkan sebanyak 4 kemasan, maka telah mencapai titik impas dimana tidak mengalami keuntungan dan juga tidak mengalami kerugian. Nilai R/C ratio dan B/C ratio adalalah 1,23 dan 0,23, menunjukkan bahwa usaha Natural Face Mask layak untuk dijalankan dan menguntungkan. Pemasaran produk dilakukan di lingkungan tempat tinggal yang berada di Bekasi, lingkungan kos yang berada dekat ISI Surakarta, area UNS, menitipkan produk Natural Face Mask di Online Shop teman, serta menyebarkannya melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp dan BBM). Target pasar yang utama adalah siswi SMP-SMA/SMK, mahasiswa dan pekerja. Pemasaran yang efektif dilakukan adalah dengan melalui media sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > D3 - Agribisnis
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 12:05
    Last Modified: 29 Dec 2017 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38482

    Actions (login required)

    View Item