PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SMA/MA

SEPTIANINGUM, RESTI (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SMA/MA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (324Kb)

    Abstract

    Resti Septianingrum. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan SMA/MA. Tesis. Pembimbing: Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D, Kopembimbing: Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan modul kimia berbasis siklus belajar 5E untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, (2) menguji kelayakan modul kimia berbasis siklus belajar 5E untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, (3) mengetahui efektivitas pembelajaran setelah menggunakan modul kimia berbasis siklus belajar 5E pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Purworejo, SMA Negeri 4 Purworejo dan SMA Negeri 11 Purworejo. Penelitian pengembangan modul kimia ini menggunakan 9 tahapan prosedur Borg and Gall meliputi: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba pelaksanaan lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir. Analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria. Analisis efektifitas modul menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul kimia berbasis siklus belajar 5E pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan telah dikembangkan dengan menggunakan 9 tahapan prosedur Borg and Gall. Modul tersebut dapat meningkatkan keterampilan sikap ilmiah dan prestasi belajar. (2) Modul kimia berbasis siklus belajar 5E mendapat penilaian dengan kategori “Baik” sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran. (3) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa modul kimia berbasis siklus belajar 5E efektif digunakan pada sekolah dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : modul kimia, siklus belajar 5E, sikap ilmiah, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan Resti Septianingrum

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 11:44
    Last Modified: 29 Dec 2017 11:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38469

    Actions (login required)

    View Item