Analisis Tingkat Ketahanan Masyarakat Terhadap Banjir pada DAS Bengawan Solo di Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta

ROSYID, PRADITYA AR (2017) Analisis Tingkat Ketahanan Masyarakat Terhadap Banjir pada DAS Bengawan Solo di Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (446Kb)

    Abstract

    Perubahan iklim global menyebabkan terjadinya bencana alam salah satunya yaitu banjir. Bencana bajir menyebabkan kerugian atau risiko bagi masyarakat. Risiko bencana tersebut dapat dikurangi dengan cara menguatkan ketahanan masyarakat atas bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kelurahan Sewu dan untuk mengetahui variabel yang menyebabkan tingkat ketahanan masyarakat Kelurahan Sewu rendah. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta tepatnya di RT02/RW I, RT03/RW I, RT01/RW II, RT02/RW II, RT03/RW II, RT01/RW IV, RT01/RW VIII dan RT01/RW IX Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Climate and Disaster resilience Initiative (CDRI). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa daerah yang memiliki tingkat ketahanan masyarakat tertinggi yaitu RT03/RW I karena lokasi tersebut jarang terjadi banjir dan ada camput tangan Sibat Sewu dalam mengantisipasi banjir. Sedangkan lokasi yang memiliki tingkat ketahanan terendah yaitu RT01/RW IX karena lokasi tersebut tidak pernah terjadi banjir dan tidak ada campur tangan Sibat Sewu dalam mengantisipasi banjir. Variabel yang menyebabkan tingkat ketahanan rendah yaitu variabel sanitasi dan pembuangan limbah, variabel pendidikan dan kesadaran, variabel kesiapan masyarakat saat bencana, variabel penghasilan, variabel keuangan dan tabungan, variabel anggaran dan subsidi serta variabel penggunaan lahan dalam hal alami.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 11:33
    Last Modified: 29 Dec 2017 11:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38461

    Actions (login required)

    View Item