pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Jambi

S, NOVITA SARI (2017) pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Jambi. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (203Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: 1) pengaruh pendidikan keluarga secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 2) pengaruh pembelajaran ekonomi secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 3) pengaruh hasil belajar secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 4) pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara simultan terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi Penelitian ini berjumlah 1334 siswa dan sampel diambil sebanyak 93 siswa kelas XI IPS yang aktif dan terdaftar sebagai siswa di SMAN Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi dengan dibantu program SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara simultan terhadap literasi keuangan. Dengan sumbangan efektif sebesar 52,4% dan 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Model hubungan dari keempat variabel tersebut adalah Ŷ = 40,38 + 〖0,245 X〗_1 + 〖0,091 X〗_2 + 〖0,821 X〗_3 dan model ini signifikan secara statistik. Hal ini ditunjukkan melalui perolehan Fhitung = 32,623 yang lebih besar dari Ftabel = 2,71 pada α 0.05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi, dan hasil belajar berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 11:23
    Last Modified: 29 Dec 2017 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38454

    Actions (login required)

    View Item