TAYANGAN PROGRAM ACARA "WAKTU INDONESIA BERCANDA" DI NET. TV (STUDI TENTANG HUMOR CAK LONTONG DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)

Y, NOOR IMAN B (2017) TAYANGAN PROGRAM ACARA "WAKTU INDONESIA BERCANDA" DI NET. TV (STUDI TENTANG HUMOR CAK LONTONG DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (868Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Noor Iman Boerhanuddin Yahya. D1215039. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Waktu Indonesia Bercanda/WIB merupakan program acara kuis yang tayang di NET. TV. Kuis tersebut menggunakan komunikasi interpersonal yang tidak efektif, dikarenakan jawaban peserta kuis tidak sejalan dengan pertanyaan dari host. Host acara WIB adalah Cak Lontong. Banyak netizen yang mengkritik manfaat dari acara tersebut. Tetapi Acara WIB memiliki jumlah penonton yang banyak, tidak terkecuali mahasiswa sebagai segmen acara WIB. Dalam fenomena lain ditemukan terdapat mahasiswa UNS yang berkomunikasi menirukan gaya bicara Cak Lontong (kelontong-lontongan). Dari fenomena ini dilakukanlah penelitian dengan rumusan masalah (1) mengapa mahasiswa sering melihat acara WIB ? (2) mengapa mahasiswa saat berkomunikasi interpersonal menjadi kelontong-lontongan ? Penelitian ini menggunakan teori penggunaan media dan kepuasan menggunakan media. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada 15 mahasiswa yang sering melihat acara WIB dan mahasiswa yang sering berkomunikasi kelontong-lontongan. Hasil yang didapatkan (1) mahasiswa sering melihat acara WIB (a) motif informasi, ingin melihat setiap jawaban yang muncul pada setiap episodenya dan ingin melihat pola bercandaan Cak Lontong yang berbeda. (b) motif interaksi dan integrasi sosial, menjadikan isi acara sebagai referensi bercandaan dengan teman. (c) motif hiburan, untuk memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis, dan mengisi waktu luang. (2) mahasiswa saat berkomunikasi interpersonal menjadi kelontong-lontongan (a) kebutuhan kognitif, memuaskan rasa penasaran dan dorongan apabila komunikasi dalam acara diterapkan pada komunikasi sehari-hari. (b) Kebutuhan sosial secara integratif, kebutuhan yang berkaitan dengan peneguhan kontak dengan teman. Komunikasi bila disisipkan dengan bercandaan dapat mencairkan suasana. Kata Kunci : Waktu Indonesia Bercanda, Motif Penggunaan Media, Kebutuhan Penggunaan Media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 11:20
    Last Modified: 29 Dec 2017 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38452

    Actions (login required)

    View Item