Analisis Finansial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Lereng Merapi Selatan (Daerah Iatimewa Yogyakarta)

Putri, Nila Mandani (2017) Analisis Finansial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Lereng Merapi Selatan (Daerah Iatimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ANALISIS FINANSIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA TERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI LERENG MERAPI SELATAN ( DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ) ABSTRAK Nila Mandani Putri F0113069 Penelitian ini menganalisis tingkat keuntungan usaha ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Dusun Nganggring, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan judul “Analisis Finansial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Lereng Merapi Selatan (Daerah Istimewa Yogyakarta)”. Penelitian ini dipilih di Daerah Sleman, Yogyakarta karena Yogyakarta merupakan salah satu daerah terbesar peternakan kambing Peranakan Etawa (PE) selain di daerah Kaligesing Purworejo. Usaha ternak kambing Peranakan Etawa diteliti karena untuk mengetahui kelayakan usaha dari usaha tersebut dimana usaha ternak kambing PE memiliki nilai ekonomis tinggi bagi peternak dan faktor-faktor yang mempengaruhi kelayakan usaha tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kelayakan usaha ternak kambing Peranakan Etawa di Dusun Nganggring, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 2. Untuk mengetahui pengaruh modal, pengalaman usaha, jam kerja, usia, pendidikan terhadap pendapatan peternak kambing PE. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi kasus, dan untuk menentukan responden menggunakan metode sensus. Metode untuk menganalisis pengaruh variabel menggunakan metode analisis regresi linear berganda, sedangkan untuk menganalisis tingkat kelayakan usaha menggunakan metode R/C Ratio, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal dan pendidikan berpengaruh positif terhadap pendapatan usaha ternak kambing PE, sedangkan variabel pengalaman usaha, jam kerja, dan usia peternak tidak berpengaruh terhadap pendapatan peternak kambing PE. Tingkat Kelayakan usaha dengan metode Net B/C Ratio sebesar 3,8 ; NPV sebesar Rp 21.189.399,00 ; IRR sebesar 15,4% ; dan PP sebesar 1,32 Tahun. Yang berarti bahwa usaha ternak kambing Peranakan Etawa menguntungkan dan layak dilaksanakan. Kata kunci : kelayakan usaha, Kambing Peranakan Etawa, Net B/C Ratio, NPV, IRR, PP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 Dec 2017 11:15
    Last Modified: 29 Dec 2017 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38450

    Actions (login required)

    View Item