EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MAKER DAN FLIP CHART MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 TERAS TAHUN AJARAN 2016/2017

Lasfika, Yudith Tia (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MAKER DAN FLIP CHART MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 TERAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1252Kb)

    Abstract

    Yudith Tia Lasfika. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MAKER DAN FLIP CHART MELALUI DISKUSI KEMLOMPOK PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 1 TERAS TAHUN AJARAN 2016/2017 Pada Kompetensi Dasar 3.7 Menganalisis Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara penggunaan media pembelajaran Flipbook Maker, Flip Chart dengan Buku Teks, 2) mengetahui penggunaan media pembelajaran yang lebih baik antara Flipbook maker dengan media pembelajaran Buku Teks terhadap hasil belajar geografi, 3) mengetahui penggunaan media pembelajaran yang lebih baik antara Flip chart dengan media pembelajaran Buku Teks terhadap hasil belajar geografi, 4) mengetahui penggunaan media pembelajaran yang lebih baik antara Flipbook maker dengan Flip chart melalui model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi pada peserta didik kelas X IPS SMA N 1 TERAS Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian adalah kelas X IPS SMA N 1 Teras Boyolali dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen1, kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X IPS 6 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varian Satu Arah (One Way Anava) dan uji lanjut Anava (Metode Scheffe’). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Flipbook Maker, Flip Chart, dan Buku Teks dengan perbandingan nilai rata-rata 80,11; 76,71; 74,63 dan dibuktikan dari hasil uji anava satu arah dengan taraf signifikan 5%, 2) Hasil belajar media Flipbook Maker lebih baik dibandingkan Buku Teks dengan perbandingan nilai rata-rata 80,11 dan 74,63, 3) Hasil belajar media Flip Chart lebih baik dibandingkan Buku Teks dengan perbandingan nilai rata-rata 76,71 dan 74,63, 4) Hasil belajar media Flipbook Maker lebih baik dibandingkan Flip Chart dengan perbandingan nilai rata-rata 80,11 dan 76,71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Flipbook Maker lebih efektif dibandingkan Flip Chart terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Flipbook Maker, Flip Chart, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 29 Dec 2017 09:56
    Last Modified: 29 Dec 2017 09:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38432

    Actions (login required)

    View Item