PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI

Damayanti, Wiwid (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (475Kb)

    Abstract

    Wiwid Damayanti. K2313074. PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses Sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016-2017 dengan menerapkan model pembelajaran (LAPS)-Heuristic dalam pembelajaran Fisika pada materi pokok Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun Ajaran 2016-2017 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran (LAPS)-Heuristic pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan keterampilan proses Sains siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi dengan nilai kriteria ketuntasan minimum 70 dan indikator keberhasilan 60 %. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil observasi keterampilan proses Sains pada Siklus I dan Siklus II di setiap aspek berturut-turut berkisar antara 4,17 % hingga 13,89 % dan 38,89 % hingga 26,39 %, serta peningkatan hasil tes keterampilan proses Sains pada Siklus I dan Siklus II di setiap aspek berturut-turut berkisar antara 2,78 % hingga 5,55 % dan 36,11 % hingga 30,56 %. Hasil wawancara yang dilakukan juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses Sains siswa. Kata kunci: keterampilan proses sains, LAPS-Heuristic, keseimbangan dan dinamika rotasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 29 Dec 2017 07:15
    Last Modified: 29 Dec 2017 07:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38420

    Actions (login required)

    View Item